Kamis, 28 April 2011

Menjaga Lingkungan Sampai Ke Dunia Maya




PALANGKA RAYA_ penyaksi.com



Tak hanya di dunia nyata, Sahabat Lingkungan Kalimantan Tengah (Salingkate) juga melakukan kampanye menjaga serta melestarikan lingkungan hingga ke dunia maya.



Ketua Salingkate Beni Siswanto, Sabtu (23/4), mengatakan, memberikan pemahaman mengenai peran dan manfaat menjaga lingkungan harus terus dilakukan dan memodifikasi bentuknya. Baik itu kampanye ke orang-orang maupun dunia maya melalui jejaring sosial facebook.



Sekarang ini peran teknologi semakin besar dan hampir semua masyarakat bisa menggunakannya. Maka dari itu kita berpikir bahwa facebook bisa digunakan untuk mempropagandak menjaga lingkungan.



“Menjaga lingkungan itu harus dimulai dari diri sendiri dan hal terkecil, yakni tak membuang sampah sembaranga. Dan pemerintah juga harus konsisten menjaga lingkungan,” kata Beni.



Anggota Walhi Kalteng Anang Juhadi menambangkan, Salingkate dibentuk sebagai bagian dari SAWA (sahabat WALHI) dimana komunitas yang akan mendukung gerakan-gerakan serta program lingkungan bersama dengan WALHI.



Salingkate merupakan bagian dari upaya penggalangan sumber daya (PSD) WALHI Kalteng. Komunitas ini terdiri dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, dan orang-orang peduli terhadap lingkungan di Kalimantan Tengah.



Salingkate secara resmi terbentuk pada 6 Februari 2011 di Palangka Raya yang bertujuan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya terlibat dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dengan prinsip 3M. dimana 3M itu, memulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan Mulai sekarang juga.



Untuk mencapai tujuannya, Salingkate melaksanakan kegiatan kampanye kreatif Publik terkait isu lingkungan dan Publikasi. Sedangkan peran orang-orang di Salingkate, anggota penuh, yakni mereka yang melaksanakan segala bentuk kegiatan Salingkate di lapangan.



Sementara anggota Pendukung (supporting peoples), mendukung dengan waktu, tenaga, ide serta finansial. Untuk sekarang ini, kendala salingkate, masih perlu mensosialisasikan dan memperkenalkan ke masyarakat luas agar semakin banyak menjadi anggota maupun supporting peoples yang nantinya bersama-sama melakukan kegiatan kampanye lingkungan.



Bentuk kegiatan utama Salingkate fokus pada Kampanye kreatif publik dengan berbagai issu lingkungan dan juga publikasi. Untuk progran kerjanya terpenting sekarang ini adalah Salingkate Goes to school. “itu sudah dilaksanakan, hanya perlu dilakukan lagi,” kata Anang.



Kemudian, kegiatan yang sudah dilakukan campaign creative public dalam rangka hari air sdunia 22 maret melalui pemutaran film dan bagi-bagi stiker agar hemat air, sekaligus launching Salingkate di Car Free Day Bundaran besar, maupun memeringati hari bumi 2011.



“Intinya semua kegiatan dipublikasikan selalu diketahuai ke publik. Untuk sekarang ini kita masih menggunakan facebook,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar